PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Dafid Slamet Setiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan instrumen tes matematika untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan menghasilkan instrumen tes matematika untuk mengukur kemampuan berpikir kritis yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Borg & Gall sebagai model pengembangan utama, yang dimodifikasi dengan model Dick & Carey dan model Kemp. Selanjutnya model pengembangan tersebut dinamakan dengan RRD (Real Research and Development). Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII IPA dari enam SMA negeri di Kabupaten Pacitan. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis isi dan analisis deskriptif. Produk penelitian yang dihasilkan berupa instrumen tes matematika untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

 

Kata kunci: instrumen tes, matematika, berpikir kritis


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN 2541-4070

P-ISSN 2477-829X