IbM Bagi Inovasi Produk dan Pemasaran Untuk Meningkatkan Peluang Pasar Teh Kulit Manggis Dari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo

Endah Pri Ariningsih, Wijayanti .

Abstract


UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam membantu meningkatan perekonomian. Pemerintah pusat maupun daerah harus memiliki komitmen yang tinggi untuk membantu dalam mengembangkan UMKM agar mampu menyerap tenaga kerja, mensejahterakan masyarakat dan menghasilkan produk yang berkualitas sehingga mampu bersaing secara global. Purworejo sebagai salah satu kabupaten yang sedang menngembangkan produk agropolitan memiliki banyak UMKM yang bergerak dalam bidang pertanian dan perkebunan. Salah satu produk yang tumbuh dan berkembang baik di Purworejo adalah Manggis, yang sekarang sedang banyak dimanfaatkan kulitnya dalam bidang kesehatan. Tingginya minat masyarakat mengkonsumsi produk herbal dari kulit manggis membuka peluang bagi UMKM untuk melakukan inovasi produk dari kulit manggis. Untuk itu Tim Pengusul tertarik melakukan pengabdian IbM pada Mitra 1 sebagai pengolah kulit manggis menjadi teh celup dan mitra 2 sebagai pemasok kulit manggis. Tujuannya agar mitra dapat mengembangkan usahanya dan menghasilkan produk inovatif berupa teh kulit manggis siap saji dalam cup dan melakukan pemasaran yang lebih baik karena akan dilakukan pelatihan agar mampu membuat desain produk, kemasan, dan brosur serta pengelolaan blog atau web. Mitra 2 sebagai pemasokpun diharapkan akan memiliki kemampuan untuk mengelola penggudangan dan meningkatkan kualitas serta kuantitas produknya.

 

Kata Kunci: IbM, UMKM, inovasi produk, desain produk dan kemasan, teh kulit manggis


Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Surya Abdimas
LPPM Univerisitas Muhammadiyah Purworejo
p-ISSN:2580-3492
e-ISSN:2581-0162