IbM Peningkatan Keterampilan Guru SD Muhammadiyah Se Kabupaten Purworjeo Dalam Pengelolaan Laboratorium dan Pengembangan Alat Peraga IPA Terbarukan

Eko Setyadi Kurniawan, Nur Ngazizah

Abstract


Telah dilakukan berbagai penelitian tentang pengajaran sains agar mudah dipahami, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Belajar sains dapat dipresentasikan kepada siswa melalui pengalaman langsung dari fenomena alam dan lingkungan sekitar, maupun melalui pembelajaran di laboratorium. Salah satu kunci kunci kesuksesan pembelajaran terutama di sekolah dasar terletak pada pembelajaran guru kelas. Sebagian besar pembelajaran IPA di sekolah dasar disajikan secara teoritis, sebagian guru jarang menyajikannya secara langsung di lapangan atau melalui kegiatan laboratorium. Berbagai masalah keterbatasan sarana dan prasarana menjadi faktor utama, selain kompetensi guru kurang optimal dalam pengelolaan laboratorium. Fenonema ini perlu diperbaiki dan ditingkatkan, antara lain dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam penguasaan alat peraga maupun pengelolaan laboratorium. Kegiatan IbM diselenggarakan di SD Teladan Muhammadiyah Kemiri dan SD Kratif Muhammadiyah Purworejo. Guru telah diberi pelatihan berupa workshop manajemen laboratorium, workshop pemanfaatan dan pengembangan peraga IPA. Produk atau hasil yang dihasilkan adalah administrasi laboratorium, alat peraga, dan bahan ajar untuk laboratorium sains sekolah dasar.


Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Surya Abdimas
LPPM Univerisitas Muhammadiyah Purworejo
p-ISSN:2580-3492
e-ISSN:2581-0162