ONLINE SHOPPING SEBAGAI TREND GAYA HIDUP BERBELANJA KEKINIAN DENGAN STUDI KASUS PADA BEBERAPA MARKETPLACE DI INDONESIA

Titin Ekowati

Abstract


Saat ini telah terjadi perubahan perilaku belanja konsumen. Sebelumnya konsumen cenderung melakukan kegiatan berbelanja secara offline. Sekarang konsumen cenderung beralih untuk melakukan kegiatan belanja secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku online shopping yang menjadi trend gaya hidup berbelanja konsumen saat ini dengan memotret fenomena yang terjadi di beberapa marketplace di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Penelitian ini menggunakan desain case study dengan meramu informasi dari pemberitaan yang diakses melalui website, surat kabar online, dan media internet lain tentang gaya hidup online shopping yang terjadi di tiga marketplace yang menjadi obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan trend belanja ke arah online shopping dengan platform marketplace. Perubahan perilaku belanja dapat dilihat dari produk yang populer, waktu berbelanja, sistem pembayaran, perubahan transaksi online, dan perubahan gaya hidup berbelanja. Pelaku bisnis dapat memaksimalkan pelayanan konsumen dengan platform digital karena belanja online sudah menjadi gaya hidup berbelanja kekinian.

Kata-Kata Kunci: Online Shopping, Gaya Hidup, Marketplace, Case Study

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v18i1.7508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.