KAJIAN MANAJEMEN HARGA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENDORONG KEUNTUNGAN UMKM GULA KELAPA DI MASA PANDEMIC COVID-19

Hesti Respati Ningsih

Abstract


Harga yang dikelola dengan baik, dapat mengidentifikasi peluang untuk mendorong konsumen membeli produk lebih banyak,  membeli produk yang berbeda, dan mencegah penurunan keuntungan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan FGD dengan UMKM Gula Kelapa di Wilayah Kecamatan Bagelen Kabupaten Puworejo. Hasilnya di masa pendemic covid19 meskipun jumlah permintaan akan Gula merah cukup tinggi, namun peningkatan permintaan tidak menghasilkan peningkatan keuntungan yang diperoleh karena tidak adanya pengelolaan harga di sisi petani gula kelapa. Harga yang berlaku ditentukan oleh pasar. Upaya yang dilakukan untuk mendorong keuntungan petani gula adalah dengan melakukan manajemen harga. Manajemen harga dapat dilakukan dengan cara penetapan harga dinamis untuk membantu melindungi margin bisnis UMKM, membuat daftar harga yang menghemat waktu, penetapan harga berdasarkan konsumen dan reseller agar dapat mengoptimalkan keuntungan, menaikkan harga produk gula secara regular, dan UMKM gula dapat menghindari kenaikan harga.

Keywords: Managemen, harga, UMKM, Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i3.7485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.