STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Diccy Jainur Zukrina, Suryani Suryani, Ismaulina Ismaulina

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan untuk mengetahui Kendala serta peluang dalam pengembangan UMKM tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam adalah kualitatif dengan cara penelitian lapangan (field research). Sumber data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Objek penelitian ini adalah UMKM pada Usaha Sablon Plastik Desa Mancang Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara. Teknik pengumpulan data  yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis dapatkan Pertama, Strategi pengembangan usaha sablon plastik desa mancang kec. samudera kabupaten Aceh Utara yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Lokasi), dan Promotion (Promosi). Kedua Kendala dan Peluang dalam Pengembangan UMKM yaitu: 1) Kendala Pemain baru semakin banyak, produk pengganti, Bahan baku susah didapat, Persaingan di antara Sablon Sejenis, SDM terbatas, dan Modal Terbatas. 2) Peluang, Produk yang ditawarkan berkualitas, Harga relatif murah dan Lokasi yang strategis.

Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Kendala, Peluang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v16i2.6309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.