TANGGAPAN IBU TERHADAP PERMINTAAN PEMBELIAN OLEH ANAK

Titin Ekowati, Endah Pri Ariningsih

Abstract


Memahami perilaku konsumen sangat penting dilakukan agar produsen dapat menentukan strategi pemasaran yang paling tepat sehingga produk yang ditawarkan dapat menghasilkan keuntungan secara berkesinambungan.

Penelitian ini bertujuan menganalisis proses ibu menanggapi permintaan pembelian anak dan menganalisis peran ibu dalam sosialisasi anak sebagai konsumen. Penelitian bersifat eksploratori dengan responden dosen-dosen di Universitas Muhammadiyah Purworejo yang memiliki anak berusia 3 sampai 7 tahun.

Penelitian menunjukkan ada tiga kelompok orang tua yaitu Authoritarian parent atau orang tua yang otoriter, democratic parent atau orang tua yang selalu melibatkan anak dalam proses pengambilan keputusan pembelian dengan mengajak mereka berdiskusi terlebih dahulu, dan permissive parent atau orang tua yang selalu mengijinkan segala permintaan anak. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk melakukan penelitian perilaku pembelian anak karena ada peran ibu yang berfungsi sebagai pembuat keputusan akhir dan anak sebagai agen pembelian.

Key Words: Authoritarian parent, democratic parent, permissive parent


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i2.5981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.