PENGARUH BRAND IMAGE DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Konsumen Laptop Toshiba di Purworejo)
Abstract
Saat ini, dapat ditemukan berbagai macam merek laptop dipasaran seperti: Toshiba, Sony, Lenovo, HP, Dell, Asus, Acer, dan sebagainya. Dengan banyaknya produsen yang menjual berbagai macam merek laptop tersebut tentunya dapat menyebabkan persaingan dalam memasarkan produk ke konsumen sebagai pangsa pasar. Oleh sebab itu, para produsen dan pemasar perlu mencermati keadaan tersebut, dan diharapkan pada akhirnya konsumen memiliki minat membeli (purchase intention) pada produk yang dijual. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah, 1) menguji pengaruh brand image terhadap purchase intention, 2) menguji pengaruh product knowledge terhadap purchase intention.Populasi pada penelitian ini adalah konsumen laptop Toshiba di Purworejo. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan metode Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian membuktikan bahwa brand image (X1) dan product knowledge (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (Y). Artinya, keseluruhan hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terbukti dan dapat diterima.Kata kunci: brand image, product knowledge, purchase intention
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2A.5756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.