PENGARUH PERSONALITAS KOTA TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN CITRA KOTA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi kasus Kabupaten Wonosobo)

Dewi Kurniawati, Aprillia Elly Kusuma

Abstract


Sektor pariwisata memiliki potensi besar untuk mendukung perekonomian suatu negara. Salah satu wisata alam di Indonesia yang memiliki potensi besar dan menarik yaitu Kabupaten Wonosobo, karena pariwisata di Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu sektor yang sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah citra kota memediasi pengaruh personalitas kota terhadap niat berkunjung kembali. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wonosobo. Populasi penelitian ini tidak diketahui secara pasti. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden dengan teknik acindental sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa personalitas kota berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali, personalitas kota berpengaruh terhadap citra kota, citra kota berpengaruh terhadap niat berkunjung kembali,  dan citra kota mampu memediasi pengaruh personalitas kota terhadap niat berkunjung kembali.

Kata Kunci : personalitas kota, citra kota dan niat berkunjung kembali


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v15i2.5745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.