Cover Image

PENGARUH PENERAPAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PEMBENTUKAN BRAND EQUITY

Endah Pri Ariningsih

Abstract


Menjalankan program CSR bukan sekedar untuk memenuhi kewajiban yang dibuatoleh pemerintah, tapi sudah mengarah pada kesadaran perusahaan akan tanggungjawabnya pada lingkungan dan masyarakat di sekitar perusahaan dengan tetapmemenuhi tujuan finansial perusahaan (triple bottom line - people, planet, profit ).CSR tidak lagi dipandang hanya sebagai keterpaksaan, melainkan sebuah kebutuhan(dari yang semula dipandang sebagai cost, kini mulai diposisikan sebagai investasi).CSR yang dikelola dengan baik bisa meningkatkan reputasi dan bisa menciptakankeunggulan kompetitif sehingga diharapkan perusahaan dapat menghadapi danmemenangkan persaingan dalam industrinya. Agar hal itu tercapai sebaiknyaprogram CSR yang dijalankan memiliki keterkaitan erat dengan bisnis intiperusahaan dan direncanakan secara strategis oleh perusahaan.Program CSR (untuk lingkup produk dan jasa menggunakan istilah BSR/BrandSocial Responsibility) yang dijalankan oleh perusahaan harus dikomunikasikan padamasyarakat dengan baik agar tercipta kesadaran akan merek, mengingatkankembali keberadaan merek selanjutkan dilakukan pengasosiasian terhadap barangdan jasa perusahaan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kekuatan merek(brand power) yang akan membentuk brand equity.

Kata Kunci; CSR, BSR, reputasi, keunggulan kompetitif, brand equity


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v0i1.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.