PENGARUH FAKTOR GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Pengguna Produk Elektronik di Purworejo)

EKA FITRIYADIN

Abstract


Elektronik, bukanlah produk baru bagi masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah menggunakannya dalam kehidupan sehari-harinya. Jual beli produk elektronik sangat menjanjikan berkaitan dengan terus meningkatnya pengguna produk elektronik di Indonesia. Hal ini menjadikan perusahaan/produsen produk elektronik berlomba-lomba untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen produk elektronik, diantaranya dengan memperhatikan aktivitas, minat, dan opini masyarakat mengenai produk elektronik.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aktivitas, minat, dan opini terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna produk elektronik di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa aktivitas, minat, dan opini berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada pengguna produk elektronik di Purworejo.Kata kunci: aktivitas, minat, opini, keputusan pembelian

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2B.3997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.