PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED VALUE, PERCEIVED SACRIFICE DAN PENGARUHNYA TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION (Survei Pada Pengguna Jasa Bus Efisiensi)

Deny Kurnianto

Abstract


Transportasi merupakan salah satu elemen yang sangat penting bagi kebutuhanmanusia untuk menunjang kehidupan perekonomian di masyarakat, baik dalam bentukperkembangan dan pertumbuhannya. Saat ini bus sudah menjadi alat transportasi yangsangat dibutuhkan karena bus merupakan angkutan massal yang tarifnya terjangkau. Selainitu, bus juga lebih fleksibel dalam hal pelayanan karena sangat mungkin untuk mengubahtujuan atau mengubah haluan ditengah perjalanan, pencapaian secara langsung ketempattujuan dan rentangannya luas dalam hal pengangkutan barang yang dapat menanganiukuran barang yang besarPenelitian ini bertujuan untuk menguji perceived quality, perceived value, perceivedsacrifice, dan pengaruhnya terhadap customer satisfaction. Populasi penelitian ini adalahsemua pengguna jasa Bus Efisiensi di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 135orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skalaLikert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas danreliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa perceived quality dan perceivedvalue secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction.Sedangkan, perceived sacrifice secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadapcustomer satisfaction. Semua hipotesis yang diajukan terdukung.Kata kunci: perceived quality, perceived value, perceived sacrifice, dan customersatisfaction.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2A.3994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.