Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Penggunaan Ulang Jasa Wisata Arung Jeram Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di PT Citra Elo Riverindo Magelang

Bustamil Arifin

Abstract


Pada era kompetisi yang semakin ketat ini keberhasilan menciptakan persepsi positif dibenak pelanggan merupakan faktor penting dalam kesuksesan suatu produk, keunggulan kompetitif dalam fungsi teknis produk adalah penting, tetapi akhirnya yang menentukan produk dapat berhasil dipasar adalah pelanggan. Untuk memenangkan persaingan pasar yang semakin kompetitif, perusahaan harus memunculkan keunggulan produknya dan perlu disampaikan atau dikomunikasikan kepada konsumen lebih erat dan menyentuh sisi emosional dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh experiential marketing terhadap Penggunaan Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di PT Citra Elo Riverindo Magelang.Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung dan pengguna jasa wisata PT Citra Elo Riverindo Magelang. dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengambilan sempel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan alat analisis regresi hirarki.Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diketahui bahwa experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan ulang dengan kepuasan pelenggan sebagai variabel intervening (partially mediated). Sehingga penelitian ini memberikan hasil yang mendukung teori experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan ulang dengan kepuasan pelenggan sebagai variabel intervening.Kata-kata kunci : experiential marketing, kepuasan pelanggan, penggunaan ulang

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2A.3993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.