PENGARUH KESADARAN MEREK, KEPERCAYAAN MEREK DANCITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pengguna Sabun Pencuci Merek Sunlight)
Abstract
Seiring dengan perkembangan berbagai industri pemenuhan kebutuhan manusia, semakin ketat pula persaingan berbagai industri tersebut dalam mempengaruhi publik untuk memilih produk mereka. Banyaknya perusahaan yang bermunculan maka perusahaan harus dapat menentukan kebijakan pemasaran yang efektif dan efisien terutama untuk mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan. Banyaknya pemain dalam pasar dengan segala macam keunggulan produk yang ditawarkan membuat perusahaan semakin sulit merebut pasar pesaing. Beragam produk baru yang beredar dipasar, baik produk yang baru melalui proses produksi maupun hasil daur ulangmaka perusahaan harus mampu menghasilkan produk yang memiliki ciri khas tersendiri, untuk mencapai hal tersebut adalah melalui manajemen merek karena kondisi kompetitif dapat menjadikan merek sebagai sarana yang dapat membantu pihak eksternal perusahaan dalam membedakan produk yang satu dengan produk yang yang lainya.Penelitian ini bertujuan 1) menguji pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian sabun pencuci merek Sunlight, 2) menguji pengaruh kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian sabun pencuci merek Sunlight, dan 3) menguji pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian sabun pencuci merek Sunlight.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan sabun pencuci merek Sunlight di Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive samplingdengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi kesadaran merek (X1) sebesar 0,181 dengan nilai signifikansi sebesar 0,027; 2) nilai koefisien regresi kepercayaan merek (X2) sebesar 0,180 dengan nilai signifikansi sebesar 0,034; 3) nilai koefisien regresi citra merek (X3) sebesar 0,230 dengan nilai signifikansi sebesar 0,007, jadi hipotesis dalam penelitian ini semuanya terdukung.Kata kunci: kesadaran merek, kepercayaan merek, citra merek dan keputusan pembelian
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2C.3973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.