PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS (Studi pada Konsumen Hotel Plaza Purworejo)

Retno Putri Dewanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: 1) pengaruh trust terhadap loyalitas,2) pengaruh commitment terhadap loyalitas, 3) pengaruh communication terhadaployalitas, dan 4) pengaruh conflict handling terhadap loyalitas.Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang sedang dan/ataupernah menginap di Hotel Plaza Purworejo, sebanyak 100 responden. Pengumpulandata. dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah diujicoba dantelah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas sedangkan alat analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian adalah analisis regresi linier berganda.Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) nilai koefisien regresi trust (X1)sebesar 0,174 dengan nilai signifikansi sebesar 0,033 (< 0,05). Hal ini menunjukkanbahwa trust berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas; 2) nilai koefisien regresicommitment (X2) sebesar 0,176 dengan nilai signifikansi sebesar 0,037 (< 0,05). Hal inimenunjukkan bahwa commitment berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas; 3)nilai koefisien regresi communication (X3) sebesar 0,227 dengan nilai signifikansi sebesar0,039 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa communication berpengaruh positif dansignifikan pada loyalitas; 4) nilai koefisien regresi conflict handling (X4) sebesar 0,279dengan nilai signifikansi sebesar 0,029 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa conflicthandling berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas.Kata kunci: relationship marketing, trust, commitment, communication, conflicthandling, dan loyalitas.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2B.3972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.