PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN BERWAWASAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN
Abstract
Embuh Nafatun. Pengaruh Karakteristik Konsumen Berwawasan Lingkungan terhadap Keputusan Membeli Produk Ramah Lingkungan. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015.Meskipun para pebisnis telah memasarkan produk ramah lingkungan, tetapi tidak sedikit konsumen yang pada awalnya telah tertarik pada produk ramah lingkungan namun memutuskan untuk membeli produk lainnya yang tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman tentang perilaku konsumen ramah lingkungan, khususnya yang berkaitan dengan karakterstik konsumen berwawasan lingkungan supaya konsumen dapat memutuskan untuk membeli produk ramah lingkungan.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh: 1) orientasi terhadap merek pada keputusan pembelian produk ramah lingkungan; 2) kemampuan mempengaruhi orang lain pada keputusan pembelian produk ramah lingkungan.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purworejo sebanyak 4597 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, dengan hasil perhitungan sampel diperoleh sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebelumnya telah diujicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi berganda.Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) nilai koefisien regresi orientasi terhadap merek (X1) sebesar 0,199 dengan nilai signifikansi sebesar 0,028 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa orientasi terhadap merek berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian produk ramah lingkungan; 2) nilai koefisien regresi kemampuan mempengaruhi orang lain (X2) sebesar 0,462 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mempengaruhi orang lain berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian produk ramah lingkungan.Kata kunci : karakteristik konsumen berwawasan lingkungan, orientasi terhadap merek, kemampuan mempengaruhi orang lain, keputusan membeli produk ramah lingkungan
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2B.3957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.