PENGARUH POTONGAN HARGA, PEMBERIAN HADIAH, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ALFAMART KOTA PURWOREJO

Dwian Cahyo Utomo

Abstract


Seiring dengan berjalannya waktu, keberadaan pasar tradisional mulai tersaingiatau bahkan tergeser oleh adanya bisnis eceran modern. Berbagai macam pusatperbelanjaan eceran bermunculan dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, sepertiAlfamart, Indomart dan Alfa Midi. Oleh sebab itu, dalam memutuskan keputusanpembelian konsumen lebih selektif dan cenderung untuk lebih mengutamakan hal-halyang dianggap menarik dan menguntungkan seperti potongan harga, hadiah, dan iklan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah potongan harga, pemberianhadiah, dan iklan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap keputusanpembelian konsumen di Alfamart.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Alfamart yang ada di Purworejodengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan kuesioner dengan lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dantelah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesispenelitian menggunakan analisis regesi berganda.Hasil analisis regesi berganda menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresipotongan harga (X1) sebesar 0,340 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinyapotongan harga berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian; 2) nilaikoefisien regresi pemberian hadiah (X2) sebesar 0,292 dengan nilai signifikansi sebesar0,000, artinya pemberian hadiah berpengaruh positif dan signifikan pada keputusanpembelian; 3) nilai koefisien regresi iklan (X3) sebesar 0,166 dengan nilai signifikansisebesar 0,022, artinya iklan berpengaruh positif dan signifikan pada keputusanpembelian; 4) nilai F sebesar 18,836 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinyapotongan harga, pemberian hadiah, dan iklan secara simultan berpengaruh positif dansignifikan pada keputusan pembelian. Dengan demikian keseluruhan hipotesis yangdiajukan, terbukti dan dapat diterima.Kata kunci: potongan harga, pemberian hadiah, iklan, keputusan pembelian

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2A.3955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.