PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEMUDAHAN, DAN MANFAAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi pada Pengguna situs OLX di Purworejo)

Daryadi Daryadi

Abstract


Kehadiran teknologi internet memberi manfaat komunikasi tanpa batasan membuat pengguna internet akan mudah dalam memperbesar jaringan pemasaran sebuah produk. Dengan didukung mudahnya mengakses internet dimana saja dan kapan saja, memungkinkan banyak hal baru yang ditimbulkan dari perkembangan internet tersebut salah satunya adalah pasar online. Salah satu media internet yang menunjang bisnis sebagai media promosi untuk memasarkan produk secara online adalah OLX.co.id. Dengan memperhatikan kualitas layanan dari segi proses untuk memperkecil tingkat persepsi risiko dan memperbesar tingkat kemudahan serta manfaat untuk meningkatkan keputusan pembelian.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi risiko, kemudahan, dan manfaat terhadap keputusan pembelian secara online. Objek penelitian ini adalah FJB OLX. Populasi penelitian ini adalah semua yang pernah menggunakan FJB OLX di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa persepsi risiko berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,620 dan signifikan (pvalue 0,000). Kemudahan berpengaruh positif dengan nilai b sebasar 0,292 dan signifikan (pvalue 0,004). Manfaat berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,194 dan signifikan (pvalue 0,022). Dari hasil tersebut dapat diketahui variabel yang paling besar mempengaruhi keputusan pembelian adalah persepsi risiko.Kata kunci : persepsi risiko, kemudahan, manfaat, dan keputusan pembelian.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2A.3951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.