PENGARUH STORE ATMOSPHERE PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE MAGELANG

Dafi Iskandar

Abstract


Dengan adanya perubahan dalam pola berbelanja masyarakat yang semakin selektif dalam pemenuhan kebutuhan, menjadikan bisnis ritel menjadi lebih cepat berkembang. Saat ini jumlah hypermarket dan pasar swalayan di Indonesia telah berkembang dengan pesat, termasuk di kota Magelang. Matahari merupakan salah satu pelaku bisnis retail yang berdiri relatif lama di Magelang. Sebagian besar masyarakat Magelang lebih tertarik untuk berbelanja di Matahari Department Store dibandingkan berbelanja di toko lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak hanya harga yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen namun ada faktor lain yang berhubungan dengan keputusan pembelian konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh exterior, general interior, store layout, interior display, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian di Matahari Department Store Magelang. Populasi penelitian ini adalah konsumen Matahari Department Store Magelang di Kota Magelang. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling yaitu judgement sampling. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner dengan skala Likert yang masing‐masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel exterior berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Matahari Department Store Magelang dengan taraf signifikansi p‐Value 0,012 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,194. General interior berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Matahari Departement Store Magelang dengan taraf signifikansi p‐Value 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,349. Store layout berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Matahari Department Store Magelang dengan taraf signifikansi p‐Value 0,005 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,234. Interior display berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Matahari Departmen Store Magelang dengan taraf signifikansi p‐Value 0,002 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,207. Store atmosphere secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Matahari Departmen Store Magelang dengan taraf signifikansi p‐Value 0,002 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,772.Kata kunci: exterior, general interior, store layout, interior display, dan store atmosphere

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2A.3948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.