PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP CITRA TOKO (STUDI PADA KONSUMEN TOSERBA LARIS PURWOREJO)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran ritel (lokasi, pelayanan, produk, harga, suasana toko, karyawan dan promosi) terhadap citra toko Toserba Laris Purworejo baik secara parsial maupun secara simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berkunjung dan berbelanja di Toserba Laris Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 80 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,006 < 0,05. Pelayanan berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,044 < 0,05. Produk berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,019 < 0,05. Harga berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,002 < 0,05. Suasana toko berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,011 < 0,05. Karyawan berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,024 < 0,05. Promosi berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,045 < 0,05. Secara keseluruhan retail mix yang terdiri dari lokasi, pelayanan, produk, harga, suasana toko, karyawan, dan promosi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo, dilihat dari F hitung sebesar 99,079 dan sig 0,000 < 0,05.
Kata kunci : lokasi, pelayanan, produk, harga, suasana toko,karyawan, promosi, citra toko.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berkunjung dan berbelanja di Toserba Laris Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 80 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,006 < 0,05. Pelayanan berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,044 < 0,05. Produk berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,019 < 0,05. Harga berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,002 < 0,05. Suasana toko berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,011 < 0,05. Karyawan berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,024 < 0,05. Promosi berpengaruh positif terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo dengan taraf signifikansi PValue 0,045 < 0,05. Secara keseluruhan retail mix yang terdiri dari lokasi, pelayanan, produk, harga, suasana toko, karyawan, dan promosi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap citra toko di Toserba Laris Purworejo, dilihat dari F hitung sebesar 99,079 dan sig 0,000 < 0,05.
Kata kunci : lokasi, pelayanan, produk, harga, suasana toko,karyawan, promosi, citra toko.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.