PENGARUH SUASANA TOKO TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SWALAYAN JADI BARU DI KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari suasana toko yang terdiri dari bagian luar toko, bagian dalam toko, tata letak toko, dan tanda-tanda informasi terhadap Minat Beli Konsumen pada Swalayan Jadi Baru di Kebumen secara parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Jadi Baru di Kebumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16 diketahui bahwa, (1) variabel bagian luar toko secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan taraf signifikansi PValue 0.009 < 0.05, (2) variabel bagian dalam toko secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap minat beli dengan taraf signifikansi PValue 0.002 < 0.05, (3) variabel tata letak toko secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap minat beli dengan taraf signifikansi PValue 0.016 < 0.05, (4) variabel tanda-tanda informasi secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap minat beli dengan taraf signifikansi PValue 0.003 < 0.05. Berdasarkan hasil perhitungan yang dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama, kedua, ketiga, dan keempat terbukti dimana ada pengaruh positif variabel bagian luar toko, bagian dalam toko, tata letak toko, dan tanda-tanda informasi terhadap minat beli konsumen.
Kata kunci : Minat beli konsumen, bagian luar toko, bagian dalam toko, tata letak toko, dan tanda-tanda informasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Jadi Baru di Kebumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16 diketahui bahwa, (1) variabel bagian luar toko secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan taraf signifikansi PValue 0.009 < 0.05, (2) variabel bagian dalam toko secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap minat beli dengan taraf signifikansi PValue 0.002 < 0.05, (3) variabel tata letak toko secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap minat beli dengan taraf signifikansi PValue 0.016 < 0.05, (4) variabel tanda-tanda informasi secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap minat beli dengan taraf signifikansi PValue 0.003 < 0.05. Berdasarkan hasil perhitungan yang dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama, kedua, ketiga, dan keempat terbukti dimana ada pengaruh positif variabel bagian luar toko, bagian dalam toko, tata letak toko, dan tanda-tanda informasi terhadap minat beli konsumen.
Kata kunci : Minat beli konsumen, bagian luar toko, bagian dalam toko, tata letak toko, dan tanda-tanda informasi.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.