PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN ASET-ASET MEREK LAINNYA PADA MINAT PEMBELIAN ULANG SEPEDA MOTOR HONDA VARIO TECHNO DI PURWOREJO
Abstract
Pada saat ini persaingan antara merek-merek sepeda motor di Indonesia semakin
ketat. Para produsen sepeda motor berusaha untuk memproduksi sepeda motor yang mampu
memenuhi keinginan dan harapan masyarakat, salah satunya Perusahaan Astra Honda Motor.
PT. AHM memiliki beberapa varian sepeda motor matik, diantaranya Beat, Vario, Scoopy,
Spacy, dan Revo matik, sedangkan Vario sendiri terdiri dari Vario 110, Vario Techno 110, Vario
Techno 125 PGM-FI. Saat awal kemunculannya Honda Vario Techno 125 PGM-FI telah
memberikan kejutan bagi PT. AHM, yaitu telah mampu melampaui target penjualan pada
bulan pertama. Peningkatan penjualan tersebut kemungkinan disebabkan adanya pemahaman
konsumen terhadap suatu merek produk.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek,
persepsi kualitas, dan aset-aset merek lainnya pada minat pembelian ulang Honda Vario
Techno 125 PGM-FI di kota Purworejo.Populasi penelitian ini adalah semua konsumen Honda
Vario Techno 125 PGM-FI di kota Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang.
Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan Judgement
Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang
masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek
berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda Vario Techno 125 PGMFI
dengan taraf signifikansi PValue 0,039 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,190. Asosiasi merek
berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda Vario Techno 125 PGMFI
dengan taraf signifikansi PValue 0,003 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,286. Persepsi
kualitas berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda Vario Techno
125 PGM-FI dengan taraf signifikansi PValue 0,020 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,206. Asetaset
merek lainnya berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda
Vario Techno 125 PGM-FI dengan taraf signifikansi PValue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh
sebesar 0,293.
Kata kunci: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, aset-aset merek lainnya, dan
minat pembelian ulang
ketat. Para produsen sepeda motor berusaha untuk memproduksi sepeda motor yang mampu
memenuhi keinginan dan harapan masyarakat, salah satunya Perusahaan Astra Honda Motor.
PT. AHM memiliki beberapa varian sepeda motor matik, diantaranya Beat, Vario, Scoopy,
Spacy, dan Revo matik, sedangkan Vario sendiri terdiri dari Vario 110, Vario Techno 110, Vario
Techno 125 PGM-FI. Saat awal kemunculannya Honda Vario Techno 125 PGM-FI telah
memberikan kejutan bagi PT. AHM, yaitu telah mampu melampaui target penjualan pada
bulan pertama. Peningkatan penjualan tersebut kemungkinan disebabkan adanya pemahaman
konsumen terhadap suatu merek produk.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek,
persepsi kualitas, dan aset-aset merek lainnya pada minat pembelian ulang Honda Vario
Techno 125 PGM-FI di kota Purworejo.Populasi penelitian ini adalah semua konsumen Honda
Vario Techno 125 PGM-FI di kota Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang.
Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan Judgement
Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang
masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek
berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda Vario Techno 125 PGMFI
dengan taraf signifikansi PValue 0,039 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,190. Asosiasi merek
berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda Vario Techno 125 PGMFI
dengan taraf signifikansi PValue 0,003 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,286. Persepsi
kualitas berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda Vario Techno
125 PGM-FI dengan taraf signifikansi PValue 0,020 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,206. Asetaset
merek lainnya berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda
Vario Techno 125 PGM-FI dengan taraf signifikansi PValue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh
sebesar 0,293.
Kata kunci: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, aset-aset merek lainnya, dan
minat pembelian ulang
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.