Pengaruh Media Promosi terhadap Preferensi Belanja Online Produk Elektronik

Rochmat Nurdianto

Abstract


Internet sebagai media pemasaran dan perdagangan telah banyak
dibicarakan, khususnya oleh para pemain dalam bidang pemasaran. Pembicaraan
tersebut menghasilkan suatu pandangan mengenai perdagangan elektronik,
khususnya perdagangan elektronik melalui internet. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menguji dan memberikan bukti empiris pengaruh ikalan baner
website, facebook marketing dan viral marketing terhadap preferensi belanja
online. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen di wilayah Purworejo
yang pernah melakukan pembelian online produk elektronik. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan
sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear
berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16
diketahui bahwa Iklan baner website secara signifikan berpengaruh secara positif
terhadap preferensi belanjaonline dengan taraf signifikasi P value 0.005 < 0.05.
Facebook marketing secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap
preferensi belanja online dengan taraf signifikasi P value 0.001 < 0.05. Viral
marketing secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap preferensi belanja
online dengan taraf signifikasi P value 0.009 < 0.05. Sehingga penelitian ini
memberikan hasil yang mendukung hipotesis.
Kata kunci : iklan baner website , facebook marketing, viral marketing dan preferensi
belanja online.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.