PENGARUH PERTUMBUHAN LABA DAN PER (PRICE EARNINGS RATIO) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Novika Wahyuhastuti

Abstract


Pasar modal memiliki peran besar bagi perekonomian suatu negara, karena pasar modal menjalankan dua fungsi sekaligus yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan, demikian juga halnya pada bursa efek di Indonesia. Harga saham di pasar bursa dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya pertumbuhan laba dan Price Earning Ratio.Oleh karena itu dalam penelitian ini,hipotesisnya adalah Pertumbuhan laba dan PER berpengaruh nyata secara simultan dan positif secara parsial terhadap harga saham dan pertumbuhan laba mempunyai pengaruh lebih besar dibanding PER terhadapharga saham.

Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio perubahan laba tahun ini dengan tahun sebelumnya dibanding dengan laba tahun sebelumnya serta PER yaitu rasio antara harga saham dengan laba perlembar sahamnya pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek indonesia dari 2009 sampai dengan 2011. Dari data yang diperoleh dengan dianalis regresi dan kemudian diuji dengan uji F dan uji serta analisis elastisitas.

Hasil penelitian membuktikan bahwa berdasarkan hasil analisisregresi dengan uji Fdan t dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan laba dan priceearnings ratio berpengaruh nyata secara simultan dan positif secara parsial terhadap harga saham perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia. Berdasarkan analisis elastisitas dari koefisien regresi dapat diketahui elasitisitas variabel pertumbuhan laba lebih besar dibanding dengan elasitisitas variabel price earnings ratio artinya pertumbuhan laba mempunyai pengaruh lebih besar dibanding price earnings ratio terhadapharga saham perusahaan munafaktur di bursa efek indonesia.

Kata kunci : Pertumbuhan laba, Price Earning Ratio, harga saham, bursa efek.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v13i1.3552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.