ANALISIS STRATEGI BRANDING DAN LABELING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PELAKU USAHA KECIL

Murry Harmawan Saputra, Endah Pri Ariningsih, Intan Puspitasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pemikiran pentingnya untuk meningkatkan kemampuan bersaing bagi para pengusaha kecil agar tetap mampu eksis dan berkembang, dan tetap menjadi pilihan konsumen, yaitu dengan memberikan perhatian lebih terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya dengan memberikan merek dan label pada produk mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis dampak strategi branding dan labeling yang dilakukan oleh pengusaha kecil di wilayah Purworejo terhadap perilaku keputusan pembelian oleh konsumen produk lokal di Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan produk lokal di wilayah Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 175 responden, metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.

Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik multiple regression analysis, untuk mengolah data agar dapat menghasilkan informasi sesuai dengan tujuan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, yang diadopsi dari beberapa penelitian sebelumnya. Sebelum digunakan, peneliti terlebih dahulu melakukan pengujian validitas dan reliabilitas terhadap alat ukur yang akan digunakan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis terdukung. Variabel branding dan labeling berpengaruh positif pada keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, para pengusaha produk lokal semestinya terus berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas branding dan labeling yang telah mereka lakukan, agar produk mereka berdayasaing tinggi dalam menghadapi persaingan dengan produk-produk yang dikemas secara modern.

Kata kunci: Branding, Labeling, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2.3252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.