PERBAIKAN PENAMPILAN KINERJA DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO SEBAGAI DAMPAK DARI PERBAIKAN SISTEM PENILAIAN KINERJA

Ridawan Baraba

Abstract


Penilaian kinerja merupakan metode mengevaluasi dan menghargai kinerja yang paling umum digunakan. Apabila dikaitkan dengan performance sebagai kata benda (noun), maka pengertian performance atau kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau kelompok orang dalam suatu perusahaan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan secara legal, tidak melanggar hukum dan tidak bertentangan dengan moral dan etika.

Sistem penilaian yang diterapkan di Universitas Muhammadiyah Purworejo dilakukan dengan metode 3600 dengan melibatkan penilai dari berbagai unsur : mahasiswa sebagai pengguna jasa, Ketua Program Studi sebagai atasan, rekan sekerja, dan diri dosen itu sendiri. Diperoleh hasil bahwa melalui sistem penilaian kinerja ini, diperoleh hasil bahwa ada perbaikan kinerja dosen Universitas Muhammadiyah Puworejo.

Kata Kunci: Performance (kinerja), metode 3600.


Full Text:

PDF Text PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1.3249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.