PENGARUH PERTUMBUHAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empirik Perusahaan Manufaktur Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada 2010-2013)

Wawan Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sektor otomotif dan komponen. Kebijakan dividen diukur dengan menggunakan rasio dividend yield dan dividend payout ratio. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010-2013 sebanyak 12 perusahaan. Sampel penelitian dengan metode purposive sampling yang masuk kedalam kriteria tertentu sebanyak 6 perusahaan. Teknik pengumpulan data dengan metode pengumpulan dokumentasi laporan keuangan triwulanan yang dipublikasikan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan persamaan regresi logaritma natural (Ln).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham, (2) kebijakan dividen berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. Pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.

Implikasi hasil penelitian ini adalah memberi bukti empiris bagi perusahaan sektor otomotif dan komponen mempertahankan atau meningkatkan dividend payout ratio, supaya harga sahamnya meningkat. Penelitian ini juga sebagai referensi ataupun bahan pembanding untuk penelitian lanjutan dalam bidang dan topik yang relevan dengan penelitian ini.

Kata kunci : pertumbuhan penjualan, dividend yield, dividend payout ratio, saham


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1D.2849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.