PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, KUALITAS INFORMASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MEMILIH BERBELANJA SECARA ONLINE (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Kaskus.co.id di Purworejo)

Pube Emma Naomi

Abstract


Internet, bukanlah hal asing bagi masyarakat Indonesia. Berbagai generasi sudah mengenalnya dan sebagian besar mampu menggunakannya. Bisnis jual beli online akan sangat menjanjikan berkaitan dengan terus meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Pengguna internet hanya tinggal duduk dan terhubung ke koneksi internet, kemudian dapat melakukan transaksi jual beli online dimana saja dan kapan saja. Hal ini menjadikan berbagai situs berlomba-lomba untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen dalam berbelanja secara online, diantaranya dari faktor kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, dan harga.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, dan harga terhadap keputusan pembelian secara online. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna situs jual beli online Kaskus.co.id di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis.

Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, dan harga, secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online.

 

Kata kunci: kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, harga, dan keputusan pembelian secara online.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1D.2843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.