PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT KERETA API INDONESIA (Survei terhadap Pelanggan Kereta Api di Stasiun Besar Yogyakarta)

Jamilah Nalarati Mawarni

Abstract


Mengelola hubungan dalam pelanggan atau customer relationship management (CRM) merupakan strategi bisnis suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan secara efektif dalam mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh customer relationship management yang terdiri dari sumber daya manusia, proses, dan teknologi terhadap loyalitas pelanggan.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan PT Kereta Api Indonesia dengan keberangkatan pada Stasiun Besar Yogyakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 140 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda.

Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel sumber daya manusia, proses dan teknologi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT Kereta Api Indonesia.

 

 

Kata kunci: customer relationship management, sumber daya manusia, proses, teknologi, loyalitas pelanggan


Full Text:

PDF Text PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1C.2835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.