ANALISIS PENGARUH MEDIA IKLAN TELEVISI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI MINUMAN FANTA KEMASAN PADA MASYARAKAT PURWOREJO

Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Skripsi ini berjudul“Pengaruh Media Iklan Televisi Terhadap PengambilanKeputusan Membeli Minuman Fanta Kemasan Pada Masyarakat Purworejo.”Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel iklan televisiseperti variabel suasana, dialog dan personal pada keputusan pembelian konsumen.  Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah melihat iklan di televisidan membeli minuman Fanta, sampel sebesar 100 orang, menggunakan teknikAccidental Sampling.  Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primerdan kuesioner digunakan untuk pengambilan data.  Analisis data yang dipakai adalah uji instrumen untuk mengukur validitas danreliabilitas instrumen, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji R. Berdasarkan pengujian tersebut diketahui bahwa variabel suasana berpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dilihat dari nilai t hitung(3,252) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05.  Dialog berpengaruh positif dansignifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dilihat dari nilai t hitung (3,231)dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05.  Personal berpengaruh positif dan signifikanterhadap keputusan pembelian konsumen, dilihat dari nilai t hitung (3.987) dengantaraf signifikan 0,000 < 0,05.  Suasana, dialog, personal secara bersama-samaberpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dilihat dari nilai F (47,889)dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.  R2 sebesar 0,587 (58,7%) menunjukkanbesarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sedangkansisanya 0,413 (41,3%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.   Kata kunci:  Suasana, Dialog, Personal, Keputusan Pembelian Konsumen.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.