ANALISIS POSITIONING NOTEBOOK ACER BERDASARKAN PERSEPSIAN KONSUMEN
Abstract
Judul skripsi ini adalah “Analisis Positioning Notebook Acer BerdasarkanPersepsian Konsumen”.Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahuipositioning notebook Acer terhadap merek Toshiba, Compaq dan Asus berdasarkanpersepsian konsumen. 2) Untuk mengetahui atribut yang diutamakan dalampembentukan positioning tiap-tiap merek notebook. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas MuhammadiyahPurworejo yang menggunakan notebook merek Acer, Toshiba, Compaq dan Asus.Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel adalahpurposive sampling (non probability sampling). Analisis data menggunakan analisisMDS (Multi Dimentional Scale) dengan perhitungan software SPSS for Windows16.0. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui : 1) Acer dipersepsikankonsumen paling buruk dibandingkan merek lain yaitu Toshiba, Asus dan Compaq,2) Compaq dan Asus dipersepsikan hampir sama oleh konsumen (barada dalam satukuadran), namun persepsi konsumen terhadap merek Asus lebih baik, 3) Merek yangsaling bersaing yaitu Asus, dan Compaq. 4) Bagi merek Asus, Compaq dan Toshiba,Acer bukan merupakan pesaing dekat (kompetitor utama).
Kata kunci : positioning, MDS
Kata kunci : positioning, MDS
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.