FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA WARNET DI PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah ada pengaruh faktorbauran pemasaran (product, price, place, promotion, people, process dan physicalevidence) pada keputusan pemakaian jasa warnet di Purworejo, 2) Apakah adapengaruh faktor lingkungan (budaya, kelas sosial dan kelompok referensi) padakeputusan pemakaian jasa warnet di Purworejo, 3) Apakah ada pengaruh faktorindividu konsumen (motivasi, pembelajaran, persepsi dan sikap) pada keputusanpemakaian jasa warnet di Purworejo, 4) Apakah ada pengaruh bauran pemasaran,faktor lingkungan dan individu konsumen berpengaruh signifikan secara simultanpada keputusan pemakaian jasa warnet di Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum yang menggunakanjasa warnet di Purworejo. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakanmetode purposive sampling dengan sampel sebanyak 130 responden. Metode analisisyang digunakan adalah regresi berganda. Data yang digunakan adalah data primeryang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Uji instrumen yang digunakan adalah product moment dan cronbach alphauntuk menguji validitas, dan uji reliabilitas, menunjukkan bahwa kesemua item validdan reliabel. Analisis data menggunakan uji regresi berganda menunjukkan bahwaterdapat pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun secara parsial antaravariabel-variabel bauran pemasaran (product, promotion, place, people, process,physical evidence), faktor lingkungan (budaya, kelompok referensi), faktor individukonsumen (motivasi, pembelajaran, persepsi, sikap), pada keputusan pemakaian jasawarnet di Purworejo. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Faktor Lingkungan, Faktor Individu Konsumen,Keputusan Pemakaian
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v8i2.a.261
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.