PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Heru Hermawan

Abstract


ABSTRAK

Winner Sport Hall sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa juga memerlukan strategi pemasaran, agar jasa penyewaan lapangan futsal dapat diterima konsumen. Bauran pemasaran jasa merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan. Kegiatan dalam bauran pemasaran jasa perlu dikombinasikan dan dikoordinir agar perusahaan dapat melakukan tugas pemasarannya seefektif mungkin. Betapa penting bauran pemasaran jasa dalam merumuskan program pemasaran perusahaan jasa khususnya perusahaan penyewaan lapangan futsal agar mampu bersaing dengan perusahaan penyewaan lapangan futsal lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh  produk terhadap kepuasan konsumen; (2) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen; (3) pengaruh  saluran distribusi terhadap kepuasan konsumen; (4) pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen; (5) pengaruh orang terhadap kepuasan konsumen; (6) pengaruh bukti fisik terhadap kepuasan konsumen; dan (7) pengaruh proses terhadap kepuasan konsumen.

Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa Winner Sport Hall. Sampel penelitian sejumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.

Hasil pengujian instrumen penelitian terbukti reliabel dan valid. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa produk, harga, saluran distribusi, promosi, orang, bukti fisik, dan proses berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen. Nilai koefisien determinan (adjusted R Square) sebesar 0.895 (89.5%). Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh perubahan variabel produk, harga, saluran distribusi, promosi, orang, bukti fisik, dan proses. Dalam penelitian ini produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.12 dengan signifikansi sebesar 0.045, harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.102 dengan signifikansi sebesar 0.045, saluran distribusi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.174 dengan signifikansi sebesar 0.033, promosi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.143 dengan signifikansi sebesar 0.039, orang  berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.137 dengan signifikansi sebesar 0.031, bukti fisik berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.173 dengan signifikansi sebesar 0.022, proses berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.201 dengan signifikansi sebesar 0.032.

Kata kunci : produk, harga, saluran distribusi, promosi, orang, bukti fisik, proses dan kepuasan konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i2a.1914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.