ANALISIS PENGARUH IN STORE PROMOTION TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING YANG DIMODERASI OLEH IMPULSE BUYING TENDENCY (Survei di Toko Laris Purworejo)

Febrian Arif Budi Setiyawan

Abstract


Abstrak

Dalam berbagai penelitian, telah diungkapkan bahwa ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku impulse buying. Perilaku impulse buying memang sulit dihindari karena hal ini menimbulkan pengalaman yang menyenangkan ketika berbelanja. Dari sekian banyak faktor yang dapat mempengaruhi impulse buying, penelitian ini hanya fokus untuk menganalisis pengaruh in store promotion dan impulse buying tendency terhadap perilaku impulse buying di toko Laris Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen toko Laris Purworejo yang pernah melakukan impulse buying karena jumlah populasi yang tidak diketahui, maka peneliti memutuskan untuk menggunakan sampel penelitian yang berjumlah 125 responden. Pengambilan sampel menggunakan Non probability Sampling yaitu dengan metode purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier.

Hasil analisis regresi linier menunjukkan bahwa variabel in store promotion berpengaruh positif dan signifikan pada impulse buying, yaitu dengan taraf signifikansi pValue 0,015 (< 0,05) dan nilai Standardized Coeficients Beta 0,193. Impulse buying tendency tidak memoderasi hubungan antara in store promotion dan impulse buying, dari pengujian regresi dengan moderasi menghasilkan nilai taraf signifikansi pValue 0,0115 (> 0,05) dan nilai  Standardized Coeficients Beta -1,390, atau tidak signifikan.

Kata kunci : in store promotion, impulse buying tendency dan impulse buying


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i2a.1913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.