PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, HARGA PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK (Survey Pada Pengguna Produk Pasta Gigi di Purworejo)

Dara Sulistyaningsih

Abstract


ABSTRAK

Dara Sulistyaningsih. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, HargaProduk,  dan Iklan Terhadap Perpindahan Merek. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo 2014.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ketidakpuasan konsumen, harga produk dan iklan terhadap keputusan perpindahan merek pengguna produk pasta gigi di Kota Purworejo. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengguna produk pasta gigi di Kota Purworejo. Untuk sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden penggunaan pasta gigi di Kota Purworejo. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian validitas dilakukan dengan Confirmatory Faktor Analysis ( CFA), pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel ketidakpuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan perpindahan merek produk pasta gigi dengan taraf signifikansi PValue0,004 (< 0,05) dengan pengaruh sebesar 0,238. Harga Produk berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan perpindahan merek produk pasta gigi dengan taraf signifikansi PValue0,000 (<0,05) dengan pengaruh sebesar 0,366. Iklan berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan perpindahan merek produk pasta gigi dengan taraf signifikansi PValue0,000 (< 0,05) dengan pengaruh sebesar 0,320.


Keyword : Ketidakpuasan Konsumen, Harga Produk, Iklan dan Perpindahan merek

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i2a.1911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.