KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSUMTIF: DITINJAU DARI NEED FOR CONFORMITY DAN SOCIAL CLASS
Abstract
Perilaku Konsumtif merupakan salah satu tahap yang mementukan dalam perilaku pembelian. Minat membeli timbul secara psikologis, wajar dan tidak dipaksakan karena adanya perasaan senang terhadap suatu produk. Minat pembeli tentunya berbeda-beda dalam tiap-tiap individu karena dipengaruhi oleh berbagai factor yang bersifat eksternal dan internal. Diantara factor tersebut adalah factor need for conformity dan social class.kedua factor ini, need for conformity (kebutuhan untuk penyesuaian dengan kelompok) dan social class( kelompok orang yang sama dalam perilaku konsumsinya berdasarkan posisi ekonomi mereka dipasar), sangat berpengaruh terhadap pola pembelian.
Kata kunci :perilaku konsumtif, need for conformity, social classDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v0i1.129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.