PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI PRODUK, HARGA PRODUK DAN IKLAN PRODUK PESAING TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi pada Pengguna Handphone di Kabupaten Purworejo)

Tlasih Wulandari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) pengaruh ketidakpuasan konsumen terhadap perpindahan merek; (2) pengaruh kebutuhan mencari variasi produk terhadap perpindahan merek; (3) pengaruh harga produk terhadap perpindahan merek; (4) pengaruh iklan produk pesaing terhadap perpindahan merek.

Populasi penelitian ini adalah semua orang yang pernah menggunakan handphone dan telah beralih ke merek lain di Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan Non-probability Sampling yaitu dengan metode Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif sebesar 0,473 dan signifikan pvalue 0,000. Kebutuhan mencari variasi produk berpengaruh positif sebesar 0,183 dan signifikan pvalue 0,003. Harga produk berpengaruh positif sebesar 0,199 dan signifikan pvalue 0,018. Iklan produk pesaing berpengaruh positif sebesar 0,146 dan signifikan pvalue 0,036 terhadap perpindahan merek handphone di Kabupaten Purworejo.

 

Kata kunci : Ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi, harga produk, iklan produk pesaing dan perpindahan merek.

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.