FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN PONSEL BERBASIS TEKNOLOGI ANDROID DI KABUPATEN PURWOREJO

Nani Salisiya

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi terhadap perilaku pembelian ponsel android di Kabupaten Purworejo.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang menggunakan ponsel berbasis teknologi android di Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut adalah regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor kebudayaan berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian dengan taraf signifikansi pValue 0,002. (2) Faktor sosial berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian dengan taraf signifikansi pValue 0,008. (3) Faktor pribadi berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian dengan taraf signifikansi pValue 0,006. (4) Faktor psikologi berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian dengan taraf signifikansi pValue 0,001. Secara keseluruhan faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian ponsel berbasis android di Kabupaten Purworejo, dilihat dari F hitung sebesar 28.278 dan sig 0,000.

Dalam penelitian ini besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dapat dilihat dari besarnya koefisien determinasi (adjusted R2) yaitu  sebesar 0,516 atau 51,6%. Artinya 51,6% perubahan yang terjadi pada perilaku pembelian disebabkan oleh variabel faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Sedangkan sisanya 48,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Kata kunci : faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi dan perilaku pembelian.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.1266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.