Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Pendekatan Cerpenkom Berbantuan Alat GMAIL Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016

Sri Hartini, Ashari ., Nurhidayati .

Abstract


Intisari -Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konseppeserta didik pada materi induksi elektromagnet. Pedekatan yang digunakan cerpenkom/saintifik dengan alat bantu gmail. Pendekatan ini di kembangkan mengacu pada pendekatan kurikulum 2013 yaitu saintifik. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IX SMP N 4 Magelang pada tahun pelajaran 2015/2016 semester 2. Pada penelitian ini melalui 2 siklus yaitu siklus I dan siklus 2. Pada siklus I. Hasil Aktifitas belajar meningkat sebesar 32% srdangkan pemahaman konsep meningkat sebesar meningkat sebesar 44%. Penelitian pengajaran dengan menggunakan metode cerpenkom berbantuan gmail dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa dan pemahaman konsep induksi elektromagnetik.
Kata kunci:. Keaktifan, Hasil belajar, Cerpenkom, dan alat Gmail

Full Text: PDF Full Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
p-ISSN: 2301-6111, e-ISSN: 2549-0826

Jurnal ini terindeks :