EFEKTIVITAS METODE TIME TOKEN AND GAMES DENGAN MEDIA PAPAN BERPAKU DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR

EK Ajeng Rahmi Pinahayu, Bambang Priyo Darminto, Heru Kurniawan

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan menggunakan metode Time Token and Games dengan media papan berpaku lebih baik daripada metode ekspositori; (2) prestasi belajar siswa dengan aktivitas belajar tinggi lebih baik daripada sedang atau rendah. Prestasi belajar siswa dengan aktivitas belajar sedang lebih baik daripada rendah; (3) terdapat interaksi antara metode dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar; (4) rata-rata prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Time Token and Games dengan media papan berpaku dan metode ekspositori mencapai ketuntasan belajar; Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental research. Dengan , hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika kedua kelompok metode pembelajaran; (2) terdapat perbedaan prestasi belajar ditinjau dari aktivitas belajar; (3) terdapat interaksi antara metode dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar; (4) rata-rata prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Time Token and Games dan metode ekspositori mencapai ketuntasan belajar.

 

Kata kunci: Time Token and Games, papan berpaku, aktivitas belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto