EFEKTIVITAS METODE TIME TOKEN AND GAMES DENGAN MEDIA PAPAN BERPAKU DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan menggunakan metode Time Token and Games dengan media papan berpaku lebih baik daripada metode ekspositori; (2) prestasi belajar siswa dengan aktivitas belajar tinggi lebih baik daripada sedang atau rendah. Prestasi belajar siswa dengan aktivitas belajar sedang lebih baik daripada rendah; (3) terdapat interaksi antara metode dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar; (4) rata-rata prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Time Token and Games dengan media papan berpaku dan metode ekspositori mencapai ketuntasan belajar; Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental research. Dengan , hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika kedua kelompok metode pembelajaran; (2) terdapat perbedaan prestasi belajar ditinjau dari aktivitas belajar; (3) terdapat interaksi antara metode dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar; (4) rata-rata prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Time Token and Games dan metode ekspositori mencapai ketuntasan belajar.
Kata kunci: Time Token and Games, papan berpaku, aktivitas belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.