Eksperimen PlatformEdmodo terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Trigonometri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan prestasi belajar siswa manakah yang lebih baik diantara pembelajaran yang dikenai platformEdmododengan yang tidak dikenai platform Edmodo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Karanganyar dengan populasi seluruh kelas XI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji normalitas, homogenitas, dan keseimbangan sebelum perlakuan menunjukkan data berdistribusi normal dan kedua kelas seimbang. Uji prasyarat setelah perlakuan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Penghitugan uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat dan dilanjutkan dengan uji-t univariat. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa: (1) keaktifan belajar siswa yang menggunakan platformEdmodo lebih baik daripada yang tidak menggunakan platform Edmodo. (2) Prestasi belajar siswa yang menggunakan platformEdmodo lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan platformEdmodo.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v49i1.8773
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.