EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI OPERASI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS SAFEI

Dewi Purnamasari, Puji Nugraheni, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan PMRI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode konvensional berbantuan alat peraga.Dalam penelitian ini digunakan pendekatan PMRI dan metode konvensional berbatuan alat peraga. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji bartlett untuk uji homogenitas. Dengan 􀟙 = 0.05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata‐rata satu pihak yaitu pihak

kanan dengan rumus t. Dengan 􀟙 = 0.05 menunjukkan thitung = 1.743 > 1.708 = ttabel berarti hasil belajar siswa yang menggunakan PMRI lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional berbantuan alat peraga pada materi operasi pecahan.

Kata kunci: Hasil Belajar, PMRI, Konvensional.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i2.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.