IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER DARI SEGI RPP GURU MATEMATIKA SMP NEGERI SE-KABUPATEN PURWOREJO

Sri Rahayu, Mujiyem Sapti, Isnaeni Maryam

Abstract


Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui:deskripsiimplementasipendidikankarakterpadarencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) oleh guru matematika SMP Negeri se-KabupatenPurworejo. Teknikpengambilandatadenganmetodedokumentasi, metodeangketdanmetodewawancara.Dokumentasi RPP guru iniuntukmengetahuikekurangankomponendalam RPP yang dilakukanoleh guru matematika SMP Negeri.Wawancarainidilakukanuntukmengetahuialasankenapa guru tidakmencantumkankomponen yang seharusnyaadadalam RPP yang merekabuat.Angketdigunakanuntukmengetahuibagaimanaimplementasipendidikanberkarakterdarisegi RPP.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatifsedangkananalisisdatadilakukandenganlangkah-langkahdeskripsi data,analisisdatadanpembahasan.Kesimpulanpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasipendidikanberkarakterdarisegirencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) guru matapelajaranmatematika SMP Negeri se-KabupatenPurworejotermasukdalamkategoricukup.Kategoriinidihitungberdasarkannilai rata-rata angketimplementasipendidikanberkarakterdanlembarobservasiRPP  yaitusebesar 73, 005%.

 

Kata kunci:rencanapelaksanaanpembelajaran (RPP), pendidikanberkarakter, guru matematika, SMP Negeri.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i2.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.