EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN NGQT DAN TPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 4 SAPURAN

Heru Kisworo, Supriyono, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran NGQT lebih baik dibanding pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran TPS pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII semester II SMP N 4 Sapuran tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Sapuran sebanyak 44 siswayang sekaligus sebagai sampel dan terdiri dari kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling jenuh. Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrumen tes dilakukan dengan dengan validitas kriterium, dalam arti memiliki kesejajaran antara hasil tes tersebut dengan kriterium. Reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Liliefors untuk uji normalitas dan uji barlett untuk uji homogenitas. Dengan  diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Rata-tara prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran NGQT sebesar 77.63043 dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TPS sebesar 75.17619 yang berarti prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe NGQT lebih baik dibanding dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.

 

Kata Kunci: NGQT, TPS, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i1.825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.