EKSPERIMENTASI METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar menggunakan metode diskusi lebih baik dibandingkan hasil belajar menggunakan metode konvensionalpada pokok bahasan persamaan garis lurus siswa kelas VIII semester ganjil SMP PGRI Selomertotahun ajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VIII semester ganjil SMP PGRI Selomertotahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa, teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling.Dengan uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan menunjukkan sehingga ditolak. Jadi disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan metode diskusi lebih baik dibandingkan hasil belajar menggunakan metode konvensionalpada pokok bahasan persamaan garis lurus.
Kata kunci:Hasil belajar dan metode diskusi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v5i1.705
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.