PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN TERHADAPPRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALIWIRO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Abstrak
Penelitianinibertujuan untuk mengetahuiapakahprestasibelajarsiswa yang diajarmenggunakanpendekatanopen endedlebihbaikdaripadaprestasi belajarsiswa yang diajarmenggunakanpendekatankonvensionalpadamaterilingkaranuntuksiswakelas VIII SMP N 3Kaliwirotahunpelajaran 2012/2013.Populasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelas VIII SMP N 3 Kaliwiro.Sampelpenelitian, yaitukelas VIII A sebagaikelaseksperimendankelas VIII Bsebagaikelaskontrol.Pengambilansampelmenggunakanteknikcluster random sampling. Pengujianhipotesismenggunakanujirataan t hipotesispihakkanan,padaujihipotesismenggunakanuji tdidapatkantobssebesar 2.5088, sedangkanttabelsebesar 1.6703,sehingga tobs > ttabel, hal ini tobs Dapat di simpulkan bahwakeputusanuji H0ditolak, iniberartiprestasibelajarsiswa yang diajarmenggunakanpendekatanopen endedlebihbaikdaripadaprestasi belajarsiswa yang diajarmenggunakanpendekatankonvensionalpadamaterilingkaran untuksiswakelas VIII SMP N 3 Kaliwirotahunpelajaran 2012/2013.
Kata kunci: open ended, pembelajarankonvensional, prestasibelajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v5i1.697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.