EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 40 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mugi Pamungkas, Puji Nugraheni, Erni Puji Astuti

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah  model pembelajaran NHT memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran TPS pada materi fungsi terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 40 Purworejo yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas  yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal dengan 4 alternatif pilihan jawaban berisi materi yang berkaitan dengan fungsi. Didapat 17 soal yang diterima yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas data dengan statistik ujinya mengunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi dengan statistik ujinya menggunakan uji Bartlett. Analisis data menggunakan uji hipotesis ekor kanan dengan statistik ujinya menggunakan uji t. Hasil analisis hipotesis dengan uji t dan  0,05 diperoleh tobs= 1,905 dan ttabel= 1,645 dan daerah kritiknya (DK) = {t │t >1,645} dengan sampel sebanyak 71 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa tobsmerupakan anggota DK yang berarti bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran TPS dalam materi fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: model pembelajaran NHT, model pembelajaran TPS, fungsi, prestasi belajar    matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v4i1.601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.