EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURING TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nur Khomsiyah, Mujiyem Sapti, Puji Nugraheni

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah komunikasi matematika siswa yang mendapat pembelajran model NHT dengan pendekatan Konstruktivisme lebih baik dari pada komunikasi matematika yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa SMP Negeri 1 Puring Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E diambil dengan teknik simple random sampling. Instrument penelitian ini berupa dokumentasi dan tes. Validitas instrumen tes menggunakan validitas isi. Prasyarat analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Analisis data dengan uji rataan t hipotesis pihak kanan. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi α = 5%, menunjukkan bahwa komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik dari pada komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (Fa=3,244>1,645=Ftabel).

 

Kata kunci: model NHT, pendekatan kontruktivisme, komunikasi matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v4i1.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.