MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Syahrul Ma’arif, Wikan Budi Utami, Isnani Isnani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuanmendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis yang diajar model pembelajaranStudent Facilitator and Explainingberbantuan Tutor Sebaya dengan yang diajar tanpa berbantuanditinjau dari disposisi matematis, sehingga diketahui apakah ada perbedaan dan lebih baik. Populasi penelitian adalah 10 kelas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.Teknik analis data menggunakan uji RAK dengan uji Bonferroni dan uji t satu pihak kanan. Hasil penelitian: 1) ada perbedaan kemampuan komunikasi matematisyang diajar model pembelajaranStudent Facilitator And Explaining berbantuan Tutor Sebaya dengan yang diajar tanpa berbantuan ditinjau dari disposisi matematis, 2) kemampuan komunikasi matematis yang diajar model pembelajaranStudent Facilitator and Explainingberbantuan Tutor Sebaya tidak lebih baik atau sama dengan yang diajar tanpa berbantuan ditinjau dari disposisi matematis tinggi, dan 3) kemampuan komunikasi matematis yang diajar model pembelajaran Student Facilitator And Explainingberbantuan Tutor Sebaya lebih baik daripada yang diajar tanpa berbantuanditinjau dari disposisi matematis rendah.

 

Kata kunci:Student Facilitator and Explaining, Tutor Sebaya, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v40i1.5851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.